Share or I Kill You !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More

♥♥... Fatihull UluM...♥♥

Baru-baru ini banyak orang yang mengatakan bahwa pondok pesantren Fatihul Ulum sudah tidak berstatus salaf lagi . Mungkin karena mereka mendengar pon-pes ini sekarang sudak memiliki pendidikan umum. Namun kata-kata demikian sangat jauh dari kenyataan, karena yang ada pendidikan umumnya hanya disebagian daerah saja, yaitu daerah C.

Daerah C adalah daerah ketiga yang didirikan oleh K.H. Mahfudz ABD. Hannan selaku pengasuh kedua pada tahun 2000 dan daerah ini dikepalai oleh putra beliau M.H. Tsaqib. Awalnya daerah C seperti daerah-daerah yang lain (daerah A dan B) yakni salaf juga. Namun setelah beberapa tahun kemudian ada penambahan dan perubahan dalam aktivitas kesehariannya, semisal dalam pendidikan yang diajarkan. Jika sebelumnya hanya materi-materi keagamaan yang diberikan, kini ditambah dengan materi-materi pelajaran umum. Namun semua itu dilakukan bukan semata-mata ingin melebur tradisi lokal(salaf) yang telah mengakar kuat berada dalam diri pesantren, melainkan semua itu dilakukan karena ada beberapa faktor yang sangat berkaitan dengan kemajuan Islam dan pesantren itu sendiri.

Pertama;

Penyesuaian terhadap zaman, dalam hal ini kita bisa mengibaratkannya dengan mukjizat yang telah diberikan kepada para Nabi. Yang mana mukjizat itu diberikan menurut keadaan yang sedang terjadi di kehidupan Nabi yang telah dimaksud, misalnya Nabi Musa A.S diberi mukjizat berupa tongkat yang bisa berubah menjadi seekor ular raksasa untuk membinasakan ular-ular sihir ciptaan orang-orang kafir, dan mampu membelah lautan. Karena pada zaman itu musuh -musuh beliau sangat hebat, handal dalam Ilmu sihir .

Nabi Isa juga demikian, beliau diberi mukjizat yang bisa menyembuhkan orang sakit dan menghidupkan orang mati sehingga membingungkan semua pakar medis dikala itu. Begitu pula pada diri Nabi akhiruzzaman (Muhammad SAW) diberi mukjizat berupa sebuah kitab AL-Quran karena pada zaman itu orang quraisy (non muslim) sangat hebat dalam Ilmu sastra dan mahir sekali dalam melantunkan syair-syair.

Kedua;

karena dizaman sekarang, umat Islam sangat ketinggalan dalam ilmu umum atau yang lebih tepatnya kita kenal dengan sebutan IPTEK, sehingga mereka kurang begitu memahami tentang perubahan zaman yang begitu cepat dan dan menyulitkan jika hanya bermodalkan pengetahuan agama saja tanpa disertai ilmu yang selainnya, semisalkan ilmu perekonomian untuk bidang bisnis dan lain sebagainya. Melihat semua itu bukan tidak mungkin umat Islam pada zaman sekarang sangat mudah ditipu dan dibodohi karena melihat keterbelakangannya dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin pesat menguasai kehidupan.

Ketiga;

Pesantren ini menpunyai sebuah cita-cita yang begitu tinggi untuk anak didiknya, yaitu menginginkan seluruh anak didik menjadi seorang manusia yang akademis, berwawasan global serta beakhlakul karimah dalam menjalankan kehidupannya setelah hidup bermasyarakat. Karena itulah pon-pes Fatihul Ulum ini (daerah C) dalam menjalankan semua programnya tetap berpegang teguh pada prinsip utama(Islam Kaffah) yang telah atau akan membawanya kejenjang berikutnya menjadi lebih dewasa dalam menghadapi segala bentuk Trend Global dan kultur barat yang telah menunggu dihadapan kita. “MUHAFADZOTUH ‘ALAQODIMISSHOLIH WAL AKHDU ‘ALAJADIDILASHLAH” Mampertahankan hal lama yang baik dan memetik hal baru yang lebih baik. Inilah motto yang menjadi asas bagi pon-pes Fatihul Ulum dalam menyikapi arus zaman.


HIDUP ADALAH TANTANGAN, MAKA HADAPILAH.

Keadaan suatu kaum tidak akan penah berubah, kecuali kaum itu sendiri yang ingin merubahnya, begitu juga sebaliknya Islam tidak akan pernah maju, kecuali orang Islam itu sendiri yang ingin maju.


0 komentar:

Posting Komentar

JangaN lupa ya TuangkaN ComentarmU....

Blog Archive

flagcounter

free counters
 
tex editor
ADMIN
Chat

chat